Enkripsi - pertemuan ketiga Informatika

 

Enkripsi Pertemuan ketiga Informatika

Halo, perkenalkan nama saya Jocellyn Nathania Layardi. Saya berasal dari kelas 9B sekolah SMPK Immanuel Pontianak. Pada pertemuan ketiga pelajaran Informatika di hari Senin, 29 Juli 2024. Saya belajar pada jam pelajaran ke 1-2 yaitu pada jam 7.15-08.50 WIB. Pada pertemuan ketiga saya belajar tentang Enkripsi.

Tetapi karena, Pak Fariz tidak datang untuk mengajar
jadi digantikan oleh Bu Natalia Chrstine. Kemudian ada masalah pada lab komputer yaitu acnya tidak bisa menyala jadi kami belajar dikelas. Saat tidak ada Pak Fariz kami diberi tugas untuk mengenkripsikan 5 kalimat. Pak Fariz juga memberikan aturan enkripsi untuk mengerjakan. Namun karena kami tidak mengerti dengan aturannya jadi kami tidak mengerjakan tugasnya. 

Enkripsi adalah salah satu metode mengamankan data dengan cara mengubah data menjadi sejumlah kode yang sulit diterjemahkan. Enkripsi bisa digunakan untuk melindungi berbagai jenis data yang dikirimkan, mulai dari teks, dokumen, hingga audio. Aturan enkripsi yaitu: 1). Geser huruf utama 9 langkah ke kanan. 2). Huruf tambahan depan: a). Geser huruf utama 12 langkah ke kanan. b). Geser huruf utama 22 langkah ke kiri. 3). Huruf tambahan belakang: a) . Geser huruf utama 15 langkah ke kiri. b). Geser huruf utama 16 langkah ke kanan.

Manfaat dari penggunaan enkripsi adalah, melindungi data, enkripsi dapat melindungi data pribadi dan sensitif, seperti data pelanggan atau rencana bisnis rahasia. Mencegah serangan cyber, enkripsi dapat mencegah akses tidak sah dari pihak yang tidak berwenang, termasuk peretas atau penyerang. Menjaga privasi, enkripsi memastikan bahwa pesan hanya dapat dibaca dan dipahami oleh penerima yang sah. Meningkatkan keamanan komunikasi, enkripsi dapat meningkatkan keamanan komunikasi antara aplikasi. Dan enkripsi dapat melindungi dari website dan platform berbahaya.

Kami juga belajar tentang dekripsi, dekripsi adalah proses mengubah data yang telah terenkripsi kembali ke bentuk aslinya yang dapat dibaca dan dimengerti. Pada pertemuan ketiga ini kami hanya diberikan tugas. Lalu di jelaskan pada pertemuan selanjutnya. Pembelajaran tentang enkripsi dan dekripsi ini sangat menarik karena sebelumnya saya tidak tahu apa itu enkripsi. Saya juga belajar tentang cara mengenkripsikan data, sekian dari rangkuman pembelajaran saya terima kasih atas waktunya untuk membaca.

 

 





 

Comments

Popular posts from this blog

Penulisan Blog - pertemuan keempat Informatika

Jaringan Komputer & Internet - pertemuan pertama Informatika