Jaringan Komputer & Internet - pertemuan pertama Informatika


Jaringan Komputer & Internet Pertemuaan 1 Informatika

Halo, perkenalkan nama saya Jocellyn Nathania Layardi. Saya berasal dari kelas 9BPada pertemuan pertama pelajaran informatika pada hari Senin, 15 Juli 2024. Pelajaran Informatika di kelas saya ada di jam pelajaran ke 1-2. Pada pertemuan pertama saya belajar tentang Jaringan Komputer & Internet.   

Jaringan komputer adalah jejaring telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Jaringan komputer juga adalah sebuah sistem yang menghubungkan antar perangkat komputer sehingga memungkinkan mereka untuk saling bertukar informasi dan sumber daya. Dalam jaringan komputer, perangkat yang terhubung bisa berupa komputer pribadi (PC), laptop, tablet, smartphone, printer, server, dan masih banyak lagi. Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan yaitu, LAN adalah Local Area Network (jaringan area lokal), LAN digunakan untuk area kecil seperti rumah atau kantor. MAN adalah Metropolitan Area Network, MAN mencakup wilayah perkotaan, sementara WAN adalah Wide Area Network mencakup area geografis yang sangat luas, termasuk negara dan benua.

Internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. 

TCP/IP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol dan merupakan serangkaian protokol komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan di internet.

Cara kerja internet
adalah dengan memanfaatkan alamat IP yang menjadi penghubung antara server-server di seluruh dunia. Internet bekerja sangat cepat karena didukung oleh satelit yang memancarkan gelombang internet ke seluruh dunia. Setiap server yang ada didunia ditandai oleh alamat IP yang berbeda-beda. Alamat IP server inilah yang menjadi penggerak dan penghubung antar pengguna internet. Kemudian saya belajar juga tentang WWW.

 WWW atau World Wide Web adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menghubungkan berbagai informasi di seluruh dunia melalui internet. Setelah materi ini dijelaskan oleh Pak Fariz. Kami diberikan tugas kelompok untuk membuat power point. Dalam 1 kelompok ada 4 orang, saya sekelompok dengan Gracella, Joshie, Vanessa. Kami membuat power point tentang jaringan komputer dan internet.

Saat membuat power point, kami mencari informasi tentang jaringan komputer dan internet di google, dan website lainnya. Karena soalnya ada 3 jadi kami membagi tugas. Joshie yang mengedit dan mengetik power point, lalu Vanessa mengerjakan nomor 1 yaitu mencari pengertian jaringan komputer. Gracella mencari cara kerja internet, dan saya mencari pengertian internet. Pada hari itu power point kami belum selesai jadi kami melanjutkannya di pertemuan kedua. Pembelajaran tentang Jaringan Komputer dan Internet sangat menarik dan membuat saya menjadi lebih tau tentang apa itu JKI. Sekian rangkuman pembelajaran Informatika pada pertemuan pertama Terima kasih atas waktunya.

Comments

Popular posts from this blog

Penulisan Blog - pertemuan keempat Informatika

Enkripsi - pertemuan ketiga Informatika