W-LAN & Hospot/Tethering - pertemuan kedua Informatika

 

W-LAN & Hospot/Tethering Pertemuan 2 Informatika

Halo, perkenalkan nama saya Jocellyn Nathania Layardi. Saya berasal dari kelas 9B SMPK Immanuel Pontianak. Pada pertemuan kedua di hari Senin,22 Juli 2024. Pelajaran Informatika di kelas saya mulainya setelah upacara bendera. Pada pertemuaan kedua saya belajar tentang W-lAN dan Hospot/Tethering

WLAN adalah singkatan dari Wireless Local Area Network atau jaringan area lokal tanpa kabel. WLAN adalah salah satu jenis jaringan komputer yang banyak digunakan selain LAN, MAN, dan WAN. Teknologi jaringan nirkabel ini memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisinya. Komponen yang digunakan untuk membangun infrastruktur WLAN adalah Access Point (titik akses), WLAN Interface, Antena, dan Jaringan Komputer. WLAN juga memiliki banyak manfaat. 

Manfaat dari WLAN yaitu, menghubungkan perangkat ke jaringan tanpa kabel, dan berbagi data antar perangkat. Kelebihan WLAN adalah jangkauan yang diperluas, mobilitas yang lebih tinggi, fleksibilitas perangkat, instalasi dan pengelolaan lebih mudah, dan skalabilitas. Namun, WLAN juga memiliki kekurangan yaitu, sinyal gangguan, dan keamana
n data yang kurang. Salah satu contoh WLAN adalah Wi-Fi
WLAN beroperasi dengan menggunakan sinyal radio untuk mentransmisikan data antara perangkat dan router nirkabel dalam jangkauan tertentu, memanfaatkan frekuensi seperti 2,4 GHz atau 5 GHz untuk komunikasi tanpa kabel. Perangkat klien mencari jaringan, mengautentikasi melalui router, dan kemudian mengirim serta menerima data melalui sinyal nirkabel yang dienkripsi untuk keamanan.

Selain belajar tentang WLAN saya
juga belajar tentang Hospot/Tethering.
 Hotspot atau tethering adalah cara untuk berbagi koneksi internet dari satu perangkat ke perangkat lain. Hospot adalah titik
akses internet nirkabel yang memungkinkan perangkat lain terhubung ke jaringan internet melalui sinyal Wi-Fi. 
Tethering adalah proses menghubungkan perangkat ke internet melalui perangkat lain. Cara kerja tethering atau hospot secara umum adalah dengan membagikan koneksi internet dari satu perangkat ke perangkat lain melalui Wi-Fi, USB, atau Bluetooth, sehingga perangkat tambahan dapat mengakses internet melalui perangkat utama.

Setelah belajar tentang WLAN dan Hospot/Tethering saya dan kelompok saya melanjutkan tugas membuat power point yang diberikan minggu lalu. Karena baru selesai 2 soal jadi kami melanjutkannya. Setelah 1 jam pelajaran power point kami belum selesai. Jadi kami mengerjakaan power pointnya saat kelompok lain sedang presentasi. Setelah selesai kami lanjut untuk mempresentasikan hasil power point kami.  
Pembelajaran informatika pertemuaan kedua sangat menarik karena sebelumnya saya belum mengetahui tentang WLAN dan hospot atau tethering. Sekian dari rangkuman pembelajaran informatika pada pertemuan kedua. Terima kasih atas waktunya untuk membaca.

 

Comments

Popular posts from this blog

Penulisan Blog - pertemuan keempat Informatika

Enkripsi - pertemuan ketiga Informatika

Jaringan Komputer & Internet - pertemuan pertama Informatika